Comeback Stronger

Rabu, 12 April 2017

Telaah Pustaka


Telaah pustaka ini merupakan tugas mata kuliah Metodologi Penelitian BKI. Saya menggunakan tumpuan penelitian milik Sania Nur Hanifia yang berjudul “Meningkatkan Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Walisongo Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2011/2012”. Telaah pustaka ini saya susun dari beberapa jurnal terdahulu yang relevan dengan judul penelitian tersebut.
Dalam penelitian sebelumya telah dibahas jurnal Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI Ips 3 SMA Kristen Purwodadi oleh Walet Dirgantoro. Penelitian ini menyoroti efektivitas layanan bimbingan kelompok namun tidak menggunakan tenik bimbingan yang lebih spesifik seperti halnya penelitian yang saya lakukan yaitu menggunakan teknik johari window. Selain itu perbedaan juga bisa dilihat dari segi tujuan, subyek, metode pengumpulan data dan teknik analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui bimbingan kelompok. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI IPS 3 sebanyak 28 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen yang berjumlah 14 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 14 siswa. Jenis penelitian ini sama seperti yang saya lakukan yaitu menggunakan penelitian eksperimen. Akan tetapi penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi Experimental) dengan desain pre test and post test dan skala konsentrasi belajar sedangkan penelitian yang saya lakukan menggunakan metode pengumpulan data skala psikologi serta teknik analisis data statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Dari hasil analisis penelitian ini diperoleh bahwa ada peningkatan konsentrasi belajar yang signifikan antara post test kelompok eksperimen dan kelompok control sehingga menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan kosentrasi belajar siswa setelah di berikan layanan bimbingan kelompok.
Jurnal Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa XI SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung oleh Kadek Suhardita. Penelitian ini hampir sama dengan penelitian yang saya lakukan yaitu menyoroti efektivitas teknik dalam bimbingan kelompok. Akan tetapi berbeda dalam segi tujuan, teknik bimbingan, subyek, dan desain penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran percaya diri siswa sebelum dan sesudah diberikan intervensi serta mengetahui seberapa jauh tingkat keberhasilan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jika penelitian ini menggunakan teknik permainan dalam bimbingan kelompok maka penelitian yang saya lakukan menggunakan teknik johari window. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Laboratorium (percontohan) UPI Bandung Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini sama seperti yang saya lakukan yaitu menggunakan penelitian eksperimental, namun penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan percaya diri siswa setelah diberikan intervensi penggunaan teknik permainan dalam bimbingan kelompok, dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan teknik permainan dalam bimbingan kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan percaya diri siswa.
Jurnal Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Yapema Gadingrejo Lampung) oleh Edy Irawan. Sama seperti halnya penelitian yang saya lakukan, penelitian ini juga menyoroti efektivitas teknik bimbingan kelompok akan tetapi tidak dijelaskan secara spesifik tekniknya. Selain itu perbedaan juga bisa dilihat dari segi tujuan, subyek, dan desain penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa dan keefektifan teknik bimbingan dan konseling kelompok dalam meningkatkan konsep diri remaja. Subyek penelitian yang diambil adalah  siswa kelas X sebanyak 10 siswa yang memiliki konsep diri rendah atau negatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design tanpa kelompok kontrol. Adapun desain pre-eksperimntal adalah pre-test dan post-test. Jika penelitian yang saya lakukan hanya menggunakan data kuantitatif maka lain halnya dengan penelitian ini yang menggunakan dua data yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis non-parameterik dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsep diri dengan menggunakan teknik bimbingan konseling kelompok, hal ini dibuktikan dengan terjadinya perubahan yang signifikan pada diri siswa yang memiliki konsep diri negatif/rendah mengarah pada perubahan konsep diri positif.
Jurnal Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa oleh Indah Lestari. Penelitian ini menggunakan metode peenelitian dan pengembangan (research and development) berbeda dengan penelitian yang saya lakukan yang merupakan penelitian eksperimen. Selain itu perbedaan juga bisa dilihat dari segi tujuan, subyek, dan teknik bimbingan. Tujuan penelitian ini adalah dapat ditemukannya model bimbingan kelompok melalui teknik simulasi yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Sedangkan subyek uji coba adalah siswa SMP BAE Kudus dengan mengambil 10 siswa sebagai kelompok kontrol dan 10 siswa kelompok eksperimen yang ditentukan dengan teknik stratified proporsional random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik simulasi dalam pelaksanaannya sedangkan penelitian yang saya lakukan menggunakan teknik johari window. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdesan emosi diri siswa dengan menggunakan teknik simulasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: Support@templateism.com

Our Team Memebers